Home > Bogor Agricultural University, Ilmu Komputer > 5 alasan untuk desain antarmuka plurk.com yang baik

5 alasan untuk desain antarmuka plurk.com yang baik

Desain antarmuka yang baik? Bagaimana seharusnya desain antar muka yang baik? Banyak sekali prinsip umum yang harus diterapkan untuk suatu desain antarmuka yang baik. Berikut akan diulas secara menarik mengapa plurk.com dikatakan memiliki desain antarmuka yang baik.

  • Plurk.com memilki fitur “karma”, dimana user dapat mengetahui seberapa besar nilai keaktifan mereka di social networking ini. Besarnya nilai “karma “seseorang melambangkan banyaknya teman yang mereka undang, seringnya seseorang tersebut melakukan update status, seringnya mereka melakukan update profile dan seringnya mendapat respons dari penguna yang lain pada status yang telah dituliskan. Keterangan “karma” diletakan dihalaman awal ketika pengguna mengakses account mereka. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat langsung mengetahui dengan cepat berapa besar dari nilai “karma” mereka pada saat-saat tertentu. Dengan tata letaknya yang ada di halaman utama dan dicetak dengan huruf yang lebih besar dari informasi-informasi lain, membuat “karma” pandangan mata menjadi tertuju kepada tulisan ini, sehingga pengguna menjadi mudah melihat informasi “karma” mereka.

Karma

  • Ketika kita ingin melakukan update status, kita tidak hanya tertuju kepada apa yang akan kita tuliskan, tetapi kita juga bisa memilih feels apa yang sedang kita rasakan pada saat melakukan update tersebut. Dengan menu pilihan feels yang banyak, memudahkan pengguna didalam mengekspresikan apa yang mereka rasakan pada statusnya sehingga status yang mereka update disertai dengan feels mereka pada saat itu. Tampilan seperti ini didesain dengan harapan pengguna yang lain bisa mengetahui apa makna yang dituliskan seseorang pada statusnya. Karena kata-kata sulit untuk merepresentasikan perasaan kita bukan?

"feels" dalam plurk.com

  • Karma Trend, merupakan fitur yang didesain untuk memudahkan pengguna untuk mengetahui perkembangan nilai “karma” mereka dari waktu ke waktu dalam rentang waktu tertentu. Berikut salah satu contoh perkembangan karma dalam rentang waktu 19 Februari sampai dengan 27 Februari. Terlihat bahwa perkembangan meningkat secara perlahan namum pasti. Dengan mengetahui trend atau pola tersebut, pengguna mendapatkan informasi apa yang harus mereka lakukan. Jika trend dari “karma” terus menurutn, berarti mereka harus meingkatkan keaktifan mereka di social networking ini.

karma trend

  • Anda tahu “emoticon” ? yah, bisa di sebut dengan emotion icon. Dengan emoticon pengguna dapat lebih mengekspresikan perasaan mereka melakui emoticon yang lucu dan menarik. Desain emoticon pada status ini, membuat status-status yang dituliskan dapat digambarkan dan diekspresikan dengan cara yang berbeda dengan social networking lainnya. Dengan kata-kata dan emoticon tentunya akan membuat pengguna lebih bebas dalam merepresentasikan apa yang mereka rasakan sehingga emoticon juga menjadi salah satu alasan mengapa desain plurk.com menarik. Anda setuju bukan?

emoticon

  • Timeline merupakan inti dari social networking ini. Timeline sebagai pembeda utama plurk.com dengan social networking lainnya sehingga dengan adanya Timeline membuat plurk.com unique. Timeline berisikan informasi status pengguna dan teman-temennya terhadap satuan waktu sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat visualisasi dari status yang terkini. Dengan Timeline pengguna dapat dengan mudah memberikan response pada status teman-temanya yang telah update. Status yang paling baru berada di posisi paling kiri dari jendala situs ini, sedangkan status post yang paling lama berada dibagian paling kanan. Tidak hanya itu, disetiap pojok kanan setiap status terdapat kotak kecil yang merepresentasikan jumlah post yang belum dibaca oleh pengguna, atau dengan kata lain angka yang tertera melambangkan jumlah unread post. Dengan Timeline tentunya akan membuat social networking ini semakin menarik.

timeline

Author,

Alfian Prayanta

G64070087

Computer Science Departement of,

Bogor Agricultural University

Advertisements
  1. Ade Fruandta
    March 1, 2010 at 11:47 pm

    walaupun gw ga punya plurk tapi gw suka sama emoticonnya yang lucu2 sama timelinenya gan, mantabs idenya..

  2. March 1, 2010 at 11:54 pm

    Betul…makanya emoticon dan timeline termasuk 2 alasan mengapa desain plurk.com menarik. Terima kasih banyak

  3. March 2, 2010 at 12:13 am

    Tambahan kelebihan Plurk, layout bisa diubah2 sesuai yang disuka. Juga pemilihan bahasa. Kalo nggak biasa sama “feels, shares, dll” dalam bahasa Inggris bisa diubah ke bahasa Indonesia. Dan fitur karma bener2 ide yang oke banget!
    Kekurangan Plurk sebenernya karena navigasi-navigasi `penting` ada di bagian paling bawah, dan bisa jadi ini diabaikan sebagain pengguna ^^;

    Plurk secara keseluruhan emang menarik, dan kalo ngeliat dari desainnya yang berbentuk kayak layar chatting, seperti sengaja dibuat untuk memberi kesan `hidup` pada status dan komentarnya 😀

  4. May 17, 2010 at 7:32 pm

    hallo kk”,,,

    aQ cuma mau nanya,,gmn c carany biar plurk punya aQ bisa tampiL menarik n’ ga Membosankan,,,

    ajarin yawh K,,,,
    thanKzz,,,

    kirim Ke emaiL aQ,,,

  5. June 14, 2010 at 4:42 pm

    bisa share di FB dan twitter juga fitur oke..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: